masih menggiurkan Usaha Pengolahan Dan Pembuatan Kopi Luwak

Peluang Usaha Pengolahan Dan Pembuatan Kopi Luwak


Apakah anda termasuk seorang pecinta kopi? Jika iya pasti anda tidak asing lagi dengan istilah kopi luak.
Nah kali ini berwirausaha.net akan memberikan ulasan tentang peluang usaha pembuatan kopi luak, dan bagaimana proses produksinya serta sedikit gambaran tentang bagaimana prospek usaha yang satu ini.

Apa Itu Kopi Luak?

Kopi luak atau luak cofee merupakan salah satu jenis kopi yang telah melalui proses pemilihan dan pembuatan melalui bantuan pencernaan binatang luak.

kenapa usaha produksi dan pembuatan kopi luak sangat menjanjikan untuk di kerjakan?
dari beberapa sumber yang berhasil berwirausaha.net rangkum menyebutkan jika ternyata kopi luak saat ini adalah kopi terbaik yang memiliki harga paling tinggi dipasaran.
Bayangkan saja diluar negeri bubuk kopi luak bisa mencapai harga antara 5 sampai 8 juta rupiah perkilo gram, sungguh harga yang fantastis kan?

Apa sih kelebihan Kopi luak kenapa bisa sangat spesial bagi para pencinta kopi?
Dari segi cita rasa tidak perlu di tanyakan lagi, jika kopi luak jelas memiliki rasa yang nikmat, dengan aroma yang khas  dan memiliki citarasa tinggi.
Proses pembuatan nya termasuk unik dan sulit karena malalui beberapa proses, diantaranya :
Seleksi melalui tangan manusia, kemudian selanjutnya biji kopi tadi akan diberikan kepada luak agar dimakan, luak hanya memakan kopi yang memiliki kwalitas terbaik, sehingga tidak heran jika kopi yang dihasilkan nantinya adalah biji kopi pilihan terbaik.

Kenapa Kopi Luak Bisa Memiliki Rasa Yang Sangat Nikmat?


Luak adalah binatang omnivora yang memakan berbagai tumbuhan dan buah buahan termasuk buah buahan dan biji bijian, maka Saat kopi memasuki pencernaan luak kopi akan mengalami proses fragmentasi yang menjadikan rasa kopi luak benar benar memiliki citarasa yang unik.
Biji yang dicerna luak tidak akan hancur karena kopi memiliki tekstur yang keras, sehingga akan keluar dalam keadaan utuh bersama kotoran luak.

Apakah Kopi Luak Haram??
Ada beberapa masyarakat bertanya apakah kopi luak haram karena dihasilkan dari kotoran luak?
Anda tidak perlu m,erasa kawatir karena MUI dengan resmi menegaskan jika kopi luak tidak haram asal di proses secara tepat, bersih dan higienis.

Lalu bagaimana Proses produksi kopi luak ini berjalan?
Ada beberapa langkah dalam proses produksi kopi luak, diantarnya seperti berikut ini :
  1. Proses seleksi buah kopi yang memiliki kualitas terbaik untuk diberikan pada luwak.
  2. Kopi akan dicuci bersih sebelum diberikan kepada luak.
  3. Setelah itu buah kopi diberikan pada luwak. Kemudian Hewan ini masih akan memilihnya lagi, luak memiliki insting yang baik sehinga tahu dan hanya memilih buah kopi terbaik untuk dimakan.
  4. Setelah itu biji kopi utuk akan keluar bersama kotorannya. Kita tidak bisa memprediksi secara tepat kapan kopi akan dikeluarkan kembali oleh luak, tapi biasanya Biji kopi biasanya dilakukan pagi hari.
  5. Biji kopi tadi dikumpulkan dan dibersihkan dalam air mengalir.
  6. Kemudian biji kopi dijemur hingga kering.
  • Biji kopi dari kotoran luwak masih memiliki lapisan tanduk yang harus diolah lebih lanjut, dengan proses basah, seperti :
  • Sortir buah kopi
  • Pengupasan kulit buah
  • prerendaman (Fermentasi biji kopi)
  • Pengeringan
  • Pengupasan kulit tanduk
  • pensortiran akhir biji kopi

Sebenarnya sekarang sudah ada proses pembuatan kopi luak yang lebih modern yaitu dengan memanfaatkan teknologi, prosesnya adalah dengan meniru fermentasi enzimatis seperti yang terjadi dalam perut luwak.
Ya meskipun kita tau jika kwalitas kopi yang dihasilkan tidak mungkin bisa seratus persen memiliki kwalitas sama dengan yang dihasilkan secara alami.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis pembuatan dan pengolahan kopi luak, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha anda.

Comments